Irma1985

Banyak Hal Dapat di ambil Manfaatnya termasuk Blog ini

Melek Internet Membuat XLangkah lebih maju

pada 9 November 2011

Internet is easy and simple. Itulah hal yang pertama kali saya fikirkan mengenai internet. Mengapa disebut easy dan simple. Easy (Mudah) karena mendapatkan akses internet pada zaman sekarang ini, adalah hal yang mudah. Hanya tinggal buka laptop, colokkan modem, maka, informasi dan pengetahuan, sudah ada dalam genggaman kita. Harga laptop dan modemnya sendiri tidaklah terlalu mahal untuk ukuran anak jaman sekarang. Bila kita tak punya laptop dan modem, maka warung internet di seberang jalan atau di pertigaan sana, sudah menawarkan fasilitas internet komplit seperti yang kita mau. Paket 1 jam, 2 jam, paket bergadang, banyak paket ditawarkan bagi para penikmat internet. Harganya pun cukup terjangkau bagi kaum pelajar. Belum lagi dengan handphone. Handphone dengan tipe dan jenis apapun yang dikeluarkan pada zaman sekarang, baik handphone murah meriah, maupun handphone yang super mahal, semua sudah dilengkapi dengan fasilitas internet. Hanya dengan meminta operator telepon men-setting handphone kita, ataupun kita setting manual, layanan internet telah siap digunakan.
Simple (sederhana), Menurut saya, kata sederhana ini berarti hanya dengan beberapa menit saja, dengan waktu sebentar, dan cara yang amat sederhana saja, maka kita dapat dengan mudahnya mendapatkan beribu informasi dari internet. Mereka para penikmat internet, dapat mengakses video streaming, mengunduh lagu dengan kecepatan beberapa menit saja, lewat handphone sekelas milik saya saja, Sony Ericsson tipe J105i, dapat mengakses internet dengan cepat. Apalagi bagi pengguna handphone sekelas Blackberry atau iPhone. Mengunggah foto, video, tulisan di blog, hanya dalam beberapa detik, serta internet menawarkan segala nformasi yang mereka inginkan. Kemudahan internet juga begitu terasa bagi mereka yang melakukan bisnis via internet. Transaksi perbankan, popular disebut Mobile Banking, mengetahui Indeks saham gabungan di Bursa Efek Jakarta, turun naiknya kurs dolar terhadap rupiah atau kurs rupiah terhadap mata uang lain. Berbisnis lewat internet yang disebut Online Shop. Semua dalam genggaman. Bisnis lancar, uang datang, hatipun senang, betapa internet membuat kita XLangkah lebih maju.
Kemudahan internet itu sendiri yang bisa saya rasakan adalah:
1. Saya mampu bertemu, mengobrol, samapi mungkin bertukar telepon, lalu kopi darat denagn seseorang yang tidak saya kenal sebelumnya, dengan fasilitas internet yang ada. Bagaimana bisa, kita mengetahui seseorang, kepribadian, karekter, tanpa kita mengobrol dengannya secara langsung? Tapi dengan keras, saya jawab “BISA” internet memfasilitasi kita untuk saling mengenal, seperti pada MIRC (zaman dulu popular sekali), Yahoo Messenger, dan layanan Messengger-messenger lain. Tidak hanya diakses di laptop, arau modem, bahkan mereka-mereka yang cerdas nun jauh disana XLangkah lebih maju telah menciptakan aplikasi di handphone, seperti aplikasi e-buddy dan banyak lagi.
2. Selain bisa chatting, internet menawarkan fasilitas mesin raksasa pencari “Everything” and “Anything” bernama “Google”. Saat itu saya sedang stuck pada karya tulis ilmiah yang tengah saya kerjakan untuk meraih gelar diploma. Iseng-iseng saya buka internet dan memasukkan kata kunci “ Patuh” di Google. Lalu, sepersekian detik saja, situs pencari yang paling becar dan cerdas menurut saya itu, merekomendasikan saya ke beberapa link seperti “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Wikipedia, dan beberapa situs, blog, artikel mengenai kata “Patuh” itu hanya salah satu sampel saja. Seperti sekarang, saya sedikit bingung bagaimana cara untuk mengolah daging yang harus saya masak untuk suami, maka saya tinggal mengetik “Resep Semur Daging Sapi” di Google, dan semua pertanyaan saya terjawab.How amazing!
3. Saat saya iseng-iseng membuka internet, ternyata saat itu sedang booming sekali tentang jejaring social, saya dengan setia, mengisi permintaan sign-up, dan hasilnya, saya bisa mendapatkan jaringan social yang baru, berkumpul dengan teman lama, membuat suatu grup, bergabung dalam sebuah komunitas, berkat Internet. Pergaulan saya menjadi lebih terbuka dan luas. Kenalanpun tidak hanya terbatas pada orang-orang Indonesia saja, tapi juga orang diluar negeri sana, yang menginginkan saya untuk menjadi temannya. Dengan bantuan Frendster, Facebook dan Twitter saja, saya sudah memiliki ribuan teman! Tentu saja, sebagian ada di dunia nyata dan sebagian lagi di dunia maya. Hingga sampai saat ini, saya masih rajin meng-update akun saya, banyak hal yang bisa saya share disana, dan hal-hal kecil saja, membuat saya begitu senang. Karena disetiap saya ulang tahun, teman-teman dari dalam dan luar negeri begitu antusias untuk mendoakan saya, tentu saja belum termasuk telepon dan sms, bila dijumlahkan berapa yang mendoakan saya?tentu mencapai puluhan bahkan ratusan. Senang bukan, dan itu semua berkat internet yang selalu membuat kita XLangkah lebih maju!
4. Saya bisa lebih ekspresif dengan internet. Mengapa demikian, karena dengan beberapa situs penawar blog pribadi, seperti Blogspot, WordPress dan lain-lain, saya bebas mengekspresikan diri dalam bentuk mencurahkan tulisan yang ingin saya buat, disana, memasukkan gambar-gambar, video dan apa saja yang saya ingin tuangkan disana. Internet membuat saja merasa memiliki diary elektonik, dimana saya bisa mencurahkan segala isi hati dan menuangkan seluruh gagasan. Gagasan itulah yang membuat saya XLangkah lebih maju.
5. Kualitas gambar dan video yang saya unduh dari internet sangatlah bagus. Makanya saya lebih suka mengunduh di internet ketimbang harus membeli DVD Bajakan yang ada kepala orang yang berlalu lalang saat film sedang diputar. Karena si pembajak merekam video saat dia sedang menonton film tersebut di bioskop. Kebayang kan bagaimana kualitasnya?saya bisa menyaksikan bagaimana kemegahan pernikahan The Royal Wedding, dengan fasilitas Youtube di internet. Banyak berita yang saya bisa dapatkan, termasuk berita yang belum disiarkan di televisi, bisa saya akses lewat internet.
Internet selalu membuat hidup saya berwarna dan bermakna. Banyak pelajaran yang bisa saya dapat dari internet, internet mengajari saya untuk lebih membuka cakrawala dan mampu menangkap hal-hal baru yang sebenarnya ada di sekitar saya. Tapi ingat, penggunaan internet harus ada batasnya dimana kita tau
1. Kapan saat kita harus berhenti. Setelah mata mulai lelah dan pegal, jauhkan mata kita dari layar laptop, computer, atau handphone kita. Lalu lihat pohon-pohon hijau yang ada disekitar kita, karena bisa membuat mata fresh kembali.
2. Jangan memaksakan diri untuk tetap menggunakan internet, bila jatah/kuota kita dalam sebulan sudah habis. Karena itu artinya kita akan membuat anggaran belanja jadi berkurang, karena tersedot ke anggaran yang tak terduga, misalnya untuk membeli pulsa.
3. Gunakan internet pada hal-hal positif dan memberi manfaat pada kita. Jangan pernah melakukan internet untuk kejahatan karena itu akan merugikan diri kita sndiri. Misalnya untuk kopi darat pada setiap lawan jenis yang kita kenal di internet tanpa kita mengenalnya lebih jauh, sampai mau diajak kabur,dsb, atau kita gunakan internet untuk membobol rekening orang lain, mencuri data-data rahasia negara lain, dll.Bukankah internet harus bisa membuat XLangkah lebih maju?so, Live Positive.
Seperti sebuah mata pisau, maka internet pun memiliki nilai positif dan negatif. Tinggal kita memilih untuk menggunakannya pada hal yang positif atau sebaliknya. Sadar internet atau melek internet, bisa membuat pemuda pemudi bangsa ini semakin maju, asal tetap pada jalur positif. Dengan cara yang mudah dan sederhana, kita dapat mengakses internet kapanpun dan dimanapun, saya yakin hal itulah salah satunya yang mendorong sebuah inovasi dan terciptalah mahakarya anak bangsa yang bisa berguna untuk kelansungan hidup negara kita. Saya sepakat, internet adalah salah satu yang membuat dunia XLangkah lebih maju. Belum tau Internet?Tukul bilang: Ndesssoo..


Tinggalkan Balasan

