Irma1985

Banyak Hal Dapat di ambil Manfaatnya termasuk Blog ini

My Obstetric and Gynecology

pada 27 Agustus 2010

Buku obsterti saya, sudah begitu lusuh dan halaman-halamannya banyak yang terlepas. Hal itu bukan mengindikasikan bahwa saya sangat sering membacanya sehingga buku itu sudah begitu lusuhnya, tetapi hanya saya simpan sambil sesekali saya buka untuk mencari sesuatu yang tidak saya temukan lewat google.huff..sangat pemalas sekali saya ini.Buku ini hanyalah tua dimakan usia. Alasan lebih banyaknya menyimpan bku ini dikarenakan terkadang saya kurang memahami isi dan penjelasan dari buku yang telah dibuat sejak tahun 1983.Ya..4 tahun dimana saya baru dilahirkan (ya ampun…sudah begitu lama usia buku ini, dan bahkan isinya sudah banyak mendapat perubahan dan revisi).Agak aneh juga, kenapa obstetric fisiologi dan patologi ini tidak mengalami peng-update-an seperti buku2 lain. Padahal begitu berkembang ilmu kebidanan dewasa ini. Saya menafsirkan, bahwa meskipun tidak di up to date kan, tetapi ilmu kebidanan dalam obstetric ini memang memiliki persepsi sendiri yang tetap bisa teguh tanpa dirubah. Kebanyakan isinya masih bisa digunakan dan masih bisa disesuaikan dngan sedikit ilmu yang up to date sekarang ini, sehingga, POGI tidak perlu merubah isi dari keseluruhan esensial ilmu yang ada dalam buku obstetric ini. Dan saya bangga dengan buku ini. Buku yang biarpun saya hanya simpan untuk banyak waktu, tapi sebenarnya sangat bermanfaat, terutama untuk landasan nanti saya selesai kuliah.
Review Obstetri Agar Saya Belajar Lagi(Tapi bila ada yang baca, semoga bermanfaat ^_^)
Obstetri (Ilmu Kebidanan) ialah Ilmu yang mempelajari kehamilan, persalinan dan nifas. Kehamilan mulai dengan pembuahan dan berakhir dengan permulaan persalinan.Persalinan adalah proses pengeluaran bayi dan uri (placenta) dari badan ibu.Nifas adalah masa setelah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya alat kandungan sampai kepada keadaan sebelum hamil. Obtetri diambil dari obsto yang artinya mendampingi. Tujuan dari obstetric adalah membawa ibu dan anak dengan selamat melalui masa kehamilan, persalinan dan nifas, dengan kerusakan yang sedikit-dikitnya.
Anatomi Panggul
a. Terdiri dari bagian keras yang dibentuk oleh tulang
b. Bagian yang lunak yang dibentuk oleh otot-ott dan ligament
Bila dalam ilmu kebidanan kita bicara tentang panggul, maka yang dimaksud adalah panggul kecil.Yang membentuk tulang panggul adalah 4 buah tulang yakni 2 tulang paha (ossa coxae), 1 tulang kelangkang (os sacrum), 1 tulang tungging (os coccygis).
Agar lebih mudah memahami, kita tentukan 4 bidang panggul kecil yakni:
1. Pintu atas panggul
2. Bidang luas panggul
3. Bidang sempit panggul
4. Pintu bawah panggul
Pintu Atas Panggul
Adalah batas dari panggul kecil. Bentuknya bulat oval. Batas-batasnya adalah promontorium, sayap sacrum, linea innominata, ramus superior ossis pubis dan pintu atas sympisis. Biasanya 3 ukuran ditentukan dari pintu atas panggul yakni: ukuran muka belakang (diameter anterp posterior, conjugata vera), ukuran melintang (diameter transversa), kedua ukurang serong (diameter obliqua).
Hal yang pnting disini: Dari promontorium ke pinggir atas sympisis terkenal dengan nama conjugate vera, ukurannya 11 cm. Ukuran ini adalah ukuran yang terpenting dari panggul. Sebenarnya conjugate vera bukanlah ukuran yang terpendek dari promontorium dan symphysis. Ukuran yang terpendek adalah conjugate obstetrica yakni dari promontorium ke symphsis beberapa mm. dibawah pinggir atas symphsis. Pada seorang wanita hidup, conjugate vera tak dapat diukur langsung, tapi dapat diperhitungkan dari conjugate diagonalis yang dapat diukur saat pemeriksaan dalam. Rumus untuk menghitung conjugate vera adalah mengurangi conjugate diagonalis sebanyak 1,5cm. Apabila kita kesulitan memperhitungkan nya, maka patokannya adalah teraba atau tidak promontorium. Apabila promontorium teraba, maka jelaslah bahwa wanita itu memiliki panggul sempit.
Bidang Hodge
Untuk menentukan berapa jauhnya bagian depan anak itu turun ke dalam rongga panggul, maka Hodge telah menentukan berapa bidang khayalan dalam panggul:
H I : Ialah sama dengan pintu atas panggul
H 2: Sejajar dengan H I melalui pinggir bawah simphysis
H 3: Sejajar dengan H I melalui spina isciadicae
H 4: Sejajar dengan H I melalui os coccygis
Ukuran-ukuran luar
Ukuran-ukuran luar tak bisa dijadkan untuk menilai apakah persalinan dapat berlangsung normal atau tidak. Walaupun demikian, ukuran-ukuran ini juga penting diketahui:
1. Distantia spinarum : Jarak antara spina Iliaca anterior superior kiri dan kanan (ukuran normal Indonesia: 23 cm dan Eropa:26 cm)
2. Distantia Cristarum: Jarak yang terjauh antara crista iliaca kanan dan kiri (ukuran normal Indonesia:26 cm dan eropa: 29cm)
3. Conjugata externa: Jarak antara pinggir atas symphisis dan ujung processus ruas lumbal ke V (ukuran normal Indonesia: 18 cm dan Eropa:20 cm)
4. Ukuran lingkar panggul: dari pinggir atas symphisis ke pertengahan antara spina iliaca anterior superior dan trochanter major sepihak dan kembali melalui tempat-tempat yang sama di pihak lain (ukuran normal Indonesia: 80 cm dan Eropa: 90cm).

<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: